Jumlah Nama-Nama Rasulullah SAW

oleh: Muhammad Muafa

Allahumma Ya Robbana, berilah kami rasa cinta kepada Rasulullah melebihi cinta kami kepada orang tua kami, anak-anak kami, keluarga kami, harta kami, dan seluruh manusia.

Muqoddimah

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ memiliki nama lebih dari satu. Nama-nama tersebut bersifat Tauqifi (doktrinal) yang diperoleh dari riwayat dan tidak boleh dikarang sendiri. Memberi nama Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dengan nama yang tidak pernah diakui oleh beliau sama dengan berdusta atas nama beliau dan termasuk Iftiro (mengada-ada) yang dilarang oleh syariat. Namun boleh mensifati Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dengan sifat mulia secara wajar yang sesuai dengan realitas sifat beliau, meskipun secara lafadz tidak pernah ditemukan dalam Nash. Syaratnya, sifat tersebut dikandung oleh Dalalah (penunjukan makna) Nash dan tidak melampaui batas dalam memuji Nabi sebagaimana kaum Nashrani melampaui batas dalam memuji Nabi Isa As.

Adapun jumlah nama-nama Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, terdapat beragam pendapat dikalangan ulama. Ibnu Al-‘Aroby dalam Ahkamu Al-Qur’an menghitung ada 67 nama. Al-Harroni dalam Asma-u An-Nabi menghitungnya 99 nama.  As-Suyuthi dalam kitabnya Ar-Riyadhu Al-Aniqoh  menghitung sekitar 112 buah. Pengarang kitab Wasilatu Al-Muta’abbidin Ila Mutaba’ati Sayyidi Al-Mursalin menukil riwayat dari ibnu Abbas bahwa jumlahnya 180 buah. Al-Jazuli dalam Dala-il Al-Khoirot menghitung sebanyak 200 nama. Ibnu Dihyah dalam Al-Mustaufa mendapatkan sekitar 300 nama. Malah Syauman dalam kitabnya Irsyadu Al-Uqul  mendapatkan 700 buah nama. Lebih hiperbolis lagi, sebagian Sufi menganggapnya ada 1000 buah!  Berikut ini kami deretkan 13 (tigabelas) nama Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ yang paling populer dan yang paling sharih (lugas) dinyatakan dalam Nash  atau yang lebih dekat ditafsiri sebagai nama beliau. Nama-nama beliau akan didaftar  dengan sedikit syarah (penjelasan) atas  nama-nama tersebut.

Nama-Nama Populer Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Nama-nama yang dengan jelas disebut Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ sebagai nama beliau adalah sebagai berikut;

  1. Muhammad (مُحَمَّدٌ  )
  2. Ahmad (أَحْمَدُ  )
  3. Mahi (الْمَاحِيْ  )
  4. Hasyir (الْحَاشِرُ  )
  5. Aqib (الْعَاقِبُ  )
  6. Muqoffi (الْمُقَفِّيْ  )
  7. Nabiyyut Taubah (نَبِيُّ التَّوْبَةِ  )
  8. Nabiyyur Rohmah (نَبِيُّ الرَّحْمَةِ  )
  9. Nabiyyul Malhamah (نَبِيُّ الْمَلْحَمَةِ  )
  10. Khotim (الْخَاتِمُ  )
  11. Mutawakkil (الْمُتَوَكِّلُ  )
  12. Sayyidu Waladi Adam (سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ  )
  13. Ibnu ‘Awatik (ابْنُ الْعَوَاتِكِ  )


(bersambung)

 

Baca juga;

Arti Nama-Nama Rasulullah

Gelar Nabi Muhammad

Referensi Mengkaji Nama-Nama Nabi Muhammad

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: